Apa itu WSL, postingan bagi kamu yang malas dual boot unix dan windows.

Entah kenapa saya lebih nyaman dan lebih paham perintah unix untuk ngoding dibandingkan dengan windows, padahal saya lebih sering pakai windows. Ada b...

Ditulis Oleh zidan Pada 30 May 2023

Entah kenapa saya lebih nyaman dan lebih paham perintah unix untuk ngoding dibandingkan dengan windows, padahal saya lebih sering pakai windows. 

Ada beberapa alasan mungkin kenapa kita butuh tetap menggunakan windows : 

  1. Aplikasi editing lancar kalau di windows. 

  2. Lebih familiar karena lebih lama digunakan. 

  3. Bisa di pakai keluarga atau teman, beda kalau unix mereka akan bingung. 

Pernahkah kamu merasa frustasi saat ingin coding dengan nyaman menggunakan platform berbasis Unix, namun terbebani dengan dual boot? Nah, sekarang ada solusinya, yaitu WSL (Windows Subsystem for Linux).

Pengertian WSL

Jadi, WSL (Windows Subsystem for Linux) adalah fitur yang disediakan oleh sistem operasi Windows yang memungkinkan pengguna untuk menjalankan lingkungan Linux di dalam Windows tanpa perlu menginstal sistem operasi Linux secara terpisah.

Menurut pandangan sekilas ku, sebenarnya ini mirip konsepnya dengan virtual box atau bluestack, akan tetapi lebih seamless, dan sudah di perhatikan oleh koders dari microsoft sendiri, jadi lebih ajib lagi.

Di WSL sendiri, Kita juga bebas memilih distro yang mana kita akan gunakan, ada fedora, debian, dan my favorite ubuntu, and etc.

Fitur ini sangat membantu kehidupan saya yang udah capek atau merasa tidak cukup resource untuk melakukan dual boot.

Nah dari pengalaman saya menggunakan wsl sendiri, sudah sangat robust dan di dukung oleh microsoft sendiri, dan jika kamu seperti saya maka kamu juga suka menggunakan produk microsoft yang satu ini yaitu, visual studio code, untuk menulis kodingan, nah kompatibilasi WSL dengan vscode menurut saya sudah benar-benar diperhatikan, ada extensi khusus yang namanya wsl untuk kita menggunakan vscode di windows tapi di dalam wsl itu sendiri. 

Cara menginstall wsl 

Jika kamu juga mau menginstall wsl, maka kamu sebenarnya cukup mengunjungi ini saja : 

https://learn.microsoft.com/en-us/windows/wsl/install

Apalah kita para koders tanpa bisa membaca dokumentasi asli dari koders lain, hehe.

Sebenarnya, simpel banget sih caranya cukup buka powershell pakai administrator, 

Lalu paste ini : 

wsl --install

Itu seharusnya cukup untuk Anda langsung menggunakan wsl, ohiiya sama jika kamu menggunakan virtual box, kamu butuh mengaktifkan yang namanya hyper v, yah mirip mirip lah dengan menginstall bluestack dan lain-lainnya.